Skip to main content

5 Cara Mengatur Keuangan, Bisnis dan Usaha

Ada 5 Cara Mengatur Keuangan, Bisnis dan Usaha,  kesalahan yang sering kita lupakan atau kita remehkan dalam mengelola keuangan kita dalam kehidupan sehari-hari. kita sering menggunakan uang yang kita punya tanpa mengetahui uang tersebut digunakan untuk apa saja dan dibeli apa saja, secara sadar tiba-tiba kok uang ku tinggal segini ya ? berikut kita akan bahas dalam 5 tips dalam mengelola keuangan.



1. Merancanakan Keuangan

hal ini yang sering terjadi pada kita, tidak merancakan uang/tabungan kita akan digunakan untuk apa. "Tidak merencanakan keuangan sama dengan merancanakan untuk gagal" itu perinsipnya dalam topik ini. coba kita bayangkan jika tidak merancanakan keuangan kita maka uang itu akan habis tidak tahu digunakan untuk apa, penghasilan yang kita dapatkan harus direncanakan untuk apa-apa saja secara tertulis. sesuatu yang besar harus direncanakan.



2. Jangan Terlalu melibatkan perasaan

kenapa uang kita tidak bertambah ya ? kenapa kok selalu berkurang terus, kerja ada tetapi tidak bisa menabung. hal yang penting yang harus diingat adalah uang hanyalah sebuah jumlah angka, uang bukanlah teman hidup oleh karena itu kita juga tidak perlu melibatkan perasaan dalam masalah keungan kita. jadi yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah ketika kita tidak punya uang/ keuangan kita menipis/ tabungan tidak ada terkadang kita terlalu sedih, bahkan sedihnya berlebihan dan ketika pada saat kita memiliki banyak uang kita tersenang, terlalu bergembira, terlalu hura-hura, beli ini beli itu, keputusannya jadi tidak jelas dan kita dapat apa ? uang kita habis tanpa ada hal yang bermanfaat. hal ini yang berbahaya bagi keuangan kita, jadi tipsnya adalah apabila keuangan kita sedikit jangan terlalu libatkan perasaan, jangan ambil pusing, bersikaplah dewasa bersikaplah biasa saja seakan-akan tidak terjadi apa-apa dan apabila uang kita banyak juga jangan terlalu senang karena uang hanyalah berupa angka jadi bersikaplah biasa saja, jangan hura-hura.

3. Mencatat pengeluaran

cara gampangnya yaitu kita mempunyai buku/cacatan atau yang canggih lagi bisa dilakukan di smartphone atau alat mencatat lainnya untuk mencatat semua pengeluaran uang kita. memang sederhana tapi lalukan hal ini seperti uang kita bukan bukan kita tapi buatlah seperti uang perusahaan kita, jadi semua pengeluarannya harus dicatat dan dipertanggungjawabkan di setiap bulannya. dengan mencatat pengeluaran kita keuangan perbulannya tabungan kita termanagement dengan baik.

4. Uang harus dipisahkan

yang dimaksud keuangan harus dipisahkan adalah uang dipisahkan tergantung dengan pengeluaran kita dalam sebulan, misalkan salah satu tips pedagang yaitu minimal kita harus mempunyai 2 kaleng, yaitu kaleng keuntungan dan kaleng modal belum lagi untuk tegahin listrik untuk pendidikan sekolah dan lain-lain. jadi dengan begitu kita dapat mengatur keuangan kita digunakan untuk apa dan berapa pendapatan kita/ yang bisa ditabung dalam sebulan.


5. Melakukan Evaluasi

setelah melakukan semua hal diatas  jika tidak melakukan evaluasi itu sama saja bohong, untuk pengeluarannya dicatat ? untuk apa pengeluarannya dipisah-pisah ? untuk apa keuangannya direnacakan ? tujuan untuk mengatur keuangan adalah untuk mengevaluasi kemana saja uangnya digunakan pengeluaran bulan ini berapa ? pengeluaran bulan lalu berapa? semua itu harus dievaluasi agar management keuangan kedepannya semakin membaik.

Untuk melakukan hal ini pada awalnya kita tidahkan mudah akan berhasil 100%, tetapi ketika mempunyai kebiasaan yang baik dalam mengatur keuangan, mengelola keuangan maka keuangan kita akan sehat. apabila seseorang memiliki keuangan yang baik maka dia akan dia juga akan memiliki Financial yang baik.

Comments

  1. Thanks infonya. Tiap orang emang punya cara masing-masing dalam mengatur keuangannya. Ada yang tipe jor-joran di awal bulan, jor-joran di akhir bulan, bahkan ada yang jor-joran tiap hari. Hayo, kamu tipe yang mana? Jawab dalam hati aja ya! Apapun jawaban kamu, penting untuk tetap mengetahui cara mengelola keuangan yang baik dan benar lewat artikel yang saya temuin ini: Cara mudah atur keuangan bulanan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lagi-lagi Om Duta Sheila On 7 Nyanyi di Pesta Pernikahan

Beberapa Akhir ini kita sering mendengar atau bahkan menonton atau mungkin ada yang melihat langsung Vokalis band terkenal Duta Sheila On 7 mempertunjukan jurus pamungkasnya kebolehannya dalam dalam bernyanyi. hal ini sempat viral dikalangan netizen dikarenakan vokalis band terkenal Sheila on 7 ini telah lama pudar dari media dan kini tiba dengan kabar viral bernyanyi di pesta pernikahan. seperti salah satu post dari pengguna twitter @dewahoya dengan tweet "Pernikahan Impian Gue Ya Allah" PERNIKAHAN IMPIAN GUE YA ALLAH 😭 pic.twitter.com/1Zs4rteO8z — IG : Dewahoya (@dewahoya) August 9, 2019 Para Netizen pun banyak yang mengAminkan dan menglike bahkan mengomentari tweet dari beliau. menurut pantauan sekarang video ini [10/8/2019] ditonton 3800 kali dan di like 5000 kali sungguh luar biar respon dari warga tweeter ini. menurut narasumber Duta sheila on 7 hadir dipesta tersebut untuk menghari undangan sebagai tamu pesta undangan dikarenakan kedua mempelai kare

Review Samsung Galaxy A Series untuk Pecinta Gamer, Galaxy A70

Dari dulu Smartphone dari samsung memang selalu memberi hal-hal yang baru di dunia teknologi khususnya Smartphone, walaupun dari segi harga sedikit lebih mahal daripada Smartphone Android lainnya. Samsung masih termasuk Smartphone yang diminati. kali ini Team Ohayobro   akan membahas salah satu Smartphone Samsung yang terbarunya yaitu Galaxy A70. Handphone pintar ini merupakan salah satu Handphone yang paling banyak diminati bagi pecinta A series dikarenakan dengan harga 5 jutaan kita dapat mampu berselancar dengan spesifikasi tercanggihnya samsung dengan layar Big Infinity-U Super Amoled 6,7 inch yang merupakan Display sangat puas, untuk mnge-game dan nonton film. source : Merdeka.com                           Untuk Performance-nya galaxy A70 sudah menggunakan Chipset Snapdragon 675 yang bersaing dengan Smartphone sekelasnya. untuk RAMnya ada 2 versi, yaitu 6 gb dan 8 gb. untuk keperluan Multitasking penggunanya akan dimanjakan dengan multitasking yang cepat dan tidak mengece